7 kopi Indonesia yang mendunia

7 kopi Indonesia yang mendunia


 

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia selain kaya akan rempah-rempah Indonesia juga kaya akan beragam kopi nikmat yang mendunia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil menjadi penghasil biji kopi dengan kualitas . Indonesia bahkan sudah masuk urutan keempat penghasil kopi terbaik kelas .

 

 berikut ini 7 jenis kopi terbaik yang berada di Indonesia yang wajib Anda ketahui

 

1.Kopi Toraja


 


https://www.google.co.id/search?q=gambar+kopi+toraja&client=ucweb-b&channel=sb&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjT_9_svsL2AhU0TWwGHUAqAMkQ_AUIBigB&biw=393&bih=677#imgrc=w_QCoBy23KEAQM

 

 kopi Toraja merupakan kopi yang dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya dari Tanah Toraja. kopi Toraja merupakan salah satu kopi terbaik Indonesia yang sudah dikenal di pasar internasional jenis kopi ini terdiri dari dua varian yaitu kopi robusta dan kopi arabika menjadi salah satu kopi Indonesia yang telah diekspor bersama-sama dengan kopi Gayo dan yang lainnya cita rasa kopi Toraja dikenal sangat nikmat dan khas salah satu sebabnya karena ditanam di area pegunungan dengan ketinggian mencapai 1400 hingga 2100 meter dibawah permukaan laut yakni di pegunungan ditanam di kawasan Tanah .

 pohon-pohon kopi di daerah ini ditanam berdampingan dengan aneka tanaman rempah sehingga tak heran jika kopi Toraja memiliki aroma rasa yang wangi dan khas.

Hebatnya saat ini kopi Toraja dianggap sebagai minuman premium bahkan sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang sejak 2005 rasanya yang unik serta khas Indonesia seperti Kayu Manis atau Kapulaga menjadi ciri utama kopi Toraja rasa inilah yang digemari para penikmat kopi Nusantara maupun mancanegara.

2. kopi Jawa



Foto ://tokopedia.link/lW0MgBwJkob

kopi jawa adalah kopi yang berasal dari Pulau Jawa di Indonesia kopi ini sangatlah terkenal sehingga nama Jawa menjadi nama identitas untuk kopi tersebut.

Kopi Jawa tidak memiliki bentuk yang sama dengan kopi asal Sumatera dan Sulawesi cita rasanya juga tidak terlalu kaya sebagaimana kopi dari Sumatera Atau Sulawesi karena sebagian besar kopi djawa diproses secara basah .

Meskipun begitu, sebagian kopi djawa mengeluarkan aroma tipis rempah sehingga membuatnya lebih baik dari jenis kopi lain ya kopi Jawa memiliki ke asaman yang rendah dikombinasikan dengan kondisi tanah, suhu udara, cuaca serta kelembaban udara kopi ini memiliki rasa yang kuat pekat dan manis produksi. 

4.Kopi Bajawa

 


https://www.google.co.id/search?q=kopi+bajawa&client=ucweb-b&channel=sb&tbm=isch&source=lnms&sa=X&ved=0ahUKEwiNtPSXxcL2AhWa6nMBHfE6CNEQ_AUIBygC&biw=393&bih=677#imgrc=ZZDV7-r6lC_PqM

 kopi Bajawa merupakan kopi yang berasal dari dataran tinggi di Kabupaten Ngada daerah yang berada di Flores Nusa Tenggara Timur .

kopi Bajawa merupakan salah satu kopi yang cukup mendunia dan sangat banyak dipuja-puja oleh para pecinta kopi masyarakat ngada telah lama membudidayakan kopi jenis arabika ini kopi ini merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat ngada kopi ini berada pada ketinggian 1000-1500 50 meter diatas permukaan laut dataran tinggi ngada ini memiliki iklim dan curah hujan kisaran 2500 mm per tahun. Keadaan inilah yang membuat daerah ini sesuai untuk pembudidayaan tanaman kopi karakter kopi Flores Bajawa ini tidak sama dengan kopi kopi Nusantara lainnya keunikannya adalah  terdapat aroma kacang-kacangan serta semerbak tembakau.

pembudidayaan nya pupuk yang dipakai pada tanaman kopi dan juga tanpa menggunakan pestisida proses pembudidayaan inilah yang membuat aroma dan cita rasa nikmat yang khas serta unik dimiliki oleh kopi .

 5.kopi Wamena


https://www.google.co.id/search?q=kopi+wamena&client=ucweb-b&channel=sb&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwj0neysxcL2AhUl63MBHXOwBqQQ_AUIBygC&biw=393&bih=440&biw=393&bih=677#imgrc=MX4GYRRZRBZmUM

 kopi Wamena adalah kopi yang tumbuh di daerah pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 1400 sampai 2000 meter diatas permukaan laut kopi di daerah ini tumbuh subur tanpa menggunakan pupuk kimia apapun kita rasanya khas dengan aroma yang mempesona kopi ini bisa digoreng Kopi organik karena tumbuh alami kopi ini tidak terasa asam karena memiliki kadar asam yang rendah semua golongan usia suka menikmati kopi arabika Wamena ini hal ini karena kadar asam yang terkandung didalamnya rendah.

 Jadi kopi ini aman bagi siapapun tanpa takut ada bahan kandungan kimia di dalamnya cita rasa kopi yang unik ada semacam perpaduan antara karamel yang legit dengan rasa akhir rempah-rempah dan coklat kopi ini juga memiliki aroma kacang panggang dan tenggorokan tenaga yang mengangkutnya sebagai kopi organik membuat kopi Wamena menjadi tokoh premium karena tidak banyak kopi yang ditanam secara organik tanah dan rempah-rempah.

kopi-kopi Indonesia sangat disukai di dunia terutama kopi Wamena karena mereka telah mengekspor kopi Wamena ini .

6.kopi Gayo

https://cf.shopee.co.id/file/651a2e26079c61f41528455db3758fa1

kopi Gayo merupakan jenis kopi arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia kopi ini diproduksi di daerah Aceh di dataran tinggi gayo. Daerah ini merupakan pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia dan disukai dibandingkan kopi arabika yang ditanam di tempat lain kopi Gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat dan khas tingkat ke asaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat.  karena kenikmatan dan aroma khas yang dimiliki oleh kopi arabika Gayo maka kopi ini dianugerahi Fred Fred David oleh dunia internasional sebagai bentuk apresiasi untuk kopi arabika Gayo sebagai kopi terbaik di dunia kini sudah diekspor ke berbagai negara baik itu kawasan Asia Amerika maupun Eropa.

 

 kopi Kintamani



Foto : Kintamani.id

selain karena pesona daerah wisata yang mendunia Bali juga mempunyai permata yang tersembunyi lainnya yaitu sebagai daerah penghasil kopi terbaik di dunia daerah Kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri dari kopi ini bercitarasa seolah-olah bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain rasa gak sama yang bercampur dengan rasa segar menjadi cita rasa yang unik dan  kopi ini akan terasa pahit Dan setelah ditekuk dan mengalir tenggorokan. Hal itu disebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran maupun buah-buahan disebut dengan sistem tumpang sari Hal itulah yang membuat kopi kopi tersebut memiliki rasa yang telah bercampur dengan buah bagi masyarakat Bali rasa kopi seperti ini mengajarkan kehidupan yang rasakan pahit lebih dahulu lalu mereka juga dikenal dengan sebutan Origin coffee kopi ini sudah banyak tersebar di Jepang Perancis dan negara Eropa lainnya kalau kamu suka dengan aroma kopi yang segar dan asam kamu bisa mencoba kopi Kintamani ini.

 

7.Kopi Mandailing

 

instagram/ulandsbeecoffee

kopi ini berasal dari Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Mandailing Natal nama Mandailing diambil sekaligus sebagai penanda nama suku yang ada di Sumatera Utara yaitu suku Mandailing perkebunan kopi yang terletak di bagian Pegunungan Bukit Barisan Mandailing Natal merupakan daerah penghasil kopi Indonesia yang sudah berjalan sejak tahun 1800-an. Berdasarkan sejarah perkebunan kopi Mandailing bermula dari sistem tanam paksa yang dilancarkan oleh pemerintah Hindia Belanda karena berasal dari jenis arabika karakter kopi Mandailing tentu memiliki rasa asam dan aroma yang khas namun jika dibanding dengan jenis kopi arabika sementara lainnya tingkat ke asaman di mana paling rendah Selain itu after test Yang Manis juga merupakan salah satu karakter yang khas ataumanis ini seolah menjadi penawar setelah menghisap body yang sedikit tebal tingkat ke asaman yang rendah dengan dan after Karakter kopi Mandailing penuh sehingga teksturnya cenderung kental perpaduan rasa manis dan asam yang tidak terlalu tinggi menjadi favorit orang-orang yang suka ngopi tapi punya lambung yang sensitif .